Ancaman Trump: Proyek Kereta Cepat California di Ujung Tanduk
Proyek ambisius kereta cepat California, yang pertama kali disetujui pada tahun 2008, kembali menghadapi rintangan besar. Departemen Transportasi (DOT) AS, di bawah kepemimpinan pemerintahan Trump, mengancam akan mencabut pendanaan federal senilai $4 miliar jika California tidak segera merespons kekhawatiran yang diajukan.
Laporan Negatif dan Deadline yang Ketat
Ancaman ini muncul setelah DOT merilis laporan setebal 315 halaman yang menyoroti berbagai masalah dalam proyek tersebut. Laporan itu mengklaim bahwa California telah melewati beberapa tenggat waktu penting dan belum menunjukkan bagaimana mereka akan mengamankan $7 miliar untuk membangun segmen rel antara Merced dan Bakersfield. Dana ini harus diperoleh paling lambat musim panas mendatang agar proyek dapat terus berjalan.
Menurut laporan tersebut, California dianggap telah “menipu pembayar pajak atas investasi $4 miliar mereka, tanpa rencana yang jelas untuk menyelesaikan bahkan segmen parsial tersebut tepat waktu.” DOT memberikan waktu hingga pertengahan Juli bagi California untuk menanggapi laporan tersebut, dengan ancaman akan mengakhiri kontrak federal jika kekhawatiran yang diajukan tidak ditangani secara memadai.
Respon dari California High-Speed Rail Authority
California High-Speed Rail Authority menanggapi laporan tersebut dengan menyebutnya “menyesatkan” dan berjanji akan segera mengeluarkan tanggapan formal. “Kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan sistem kereta cepat pertama di negara ini yang menghubungkan pusat-pusat populasi utama di negara bagian ini,” kata juru bicara lembaga tersebut.
Kritik dan Sejarah Panjang Proyek
Pemerintahan Trump memang telah lama mengkritik proyek kereta cepat California. Sebelumnya, mereka telah meluncurkan tinjauan terhadap hibah federal senilai $3,1 miliar untuk membantu mendanai konstruksi. Bahkan, Trump secara terbuka menyebut proyek tersebut sebagai “kelebihan biaya terburuk yang pernah saya lihat” dan menyatakan bahwa pemerintahannya tidak akan membayar untuk itu.
Meskipun banyak pihak yang frustrasi dengan lamanya waktu yang dibutuhkan dan besarnya biaya proyek ini, penting untuk dicatat bahwa pendanaan federal hanya mencakup sebagian kecil dari total biaya. Menurut LA Times, California telah membayar 82% dari proyek tersebut, hanya mengandalkan hibah federal untuk 18% pendanaan.
Lebih dari Sekadar “Kereta ke Mana-mana”
Meskipun sering dicap sebagai “kereta ke mana-mana,” proyek kereta cepat ini telah mencapai kemajuan signifikan. Lebih dari 119 mil rel telah dibangun antara Merced dan Bakersfield. Menghentikan proyek ini sekarang akan lebih boros daripada menyelesaikannya, terutama mengingat harapan masyarakat setempat akan potensi ledakan ekonomi setelah beroperasi.
Leave a Reply