Donkey Kong Bananza: Alasan Utama Membeli Nintendo Switch 2
Para pemain yang membeli Nintendo Switch 2 dengan harapan memainkan game eksklusif mungkin sedikit kecewa karena satu-satunya game first-party yang tersedia saat peluncuran adalah Mario Kart World. Namun, penantian itu tidak akan lama lagi! Donkey Kong Bananza, yang dijadwalkan rilis pada 17 Juli, bisa jadi adalah alasan terbaik untuk memiliki Switch 2 di awal siklus hidupnya.
Setelah memainkan sekitar 2,5 jam dari game yang menampilkan gorila pemarah Nintendo ini, sulit untuk berhenti melayangkan pukulan ke udara. Donkey Kong Bananza adalah jenis game yang mengingatkan mengapa orang terus kembali ke Nintendo, meskipun mungkin bukan game yang sepenuhnya memamerkan grafis dan performa Switch 2.
Pengembangan Donkey Kong Bananza: Terinspirasi dari Super Mario Odyssey
Nintendo menyatakan bahwa Donkey Kong Bananza dikembangkan oleh beberapa orang yang mengerjakan Super Mario Odyssey, salah satu game yang membantu mendefinisikan Switch orisinal. Platformer 3D ini menggabungkan banyak elemen warisan dari judul-judul sebelumnya di platform Nintendo. Intinya, ini adalah game pengumpulan ala Banjo-Kazooie yang menampilkan gerakan melompat Mario yang presisi. Pengembang menambahkan berbagai macam mekanik unik melalui Cappy dan kemampuannya untuk merasuki berbagai makhluk di setiap level. Odyssey adalah perayaan semua hal tentang Mario, tetapi Donkey Kong tidak memiliki karir yang bertabur bintang, meskipun kedua karakter diperkenalkan kepada pemain di game arcade 1981 yang sama.

Pemain dapat melemparkan beberapa jenis medan. Pasir, misalnya, akan menempel pada medan dan musuh. © Kyle Barr / Gizmodo
Gameplay yang Brutal dan Penuh Kebebasan
Berbeda dengan suasana perayaan di Super Mario Odyssey, nada yang ditetapkan Nintendo untuk Donkey Kong Bananza adalah pesta di mana Anda diharapkan untuk benar-benar lepas kendali. Selain tombol yang digunakan untuk melompat, tiga tombol lainnya dipetakan ke berbagai jenis pukulan—baik lurus ke depan, ke atas, atau ke bawah. Tiga tombol terpisah untuk serangan ini berarti Anda dapat memukul musuh dari hampir semua arah, dan Anda diharapkan untuk berpegangan pada kepala mereka dan menghantamkan mereka ke tanah. Itu juga berarti Donkey Kong dapat mengubah bentuk medan ke arah mana pun yang Anda pilih. Anda dapat membuat terowongan melalui sebagian besar peta, tetapi tidak seperti di Deep Rock Galactic dengan kemampuan deformasi medan yang serupa, Nintendo tidak mengharapkan pemain untuk mengukir gunung seperti koloni semut yang mengambil alih terarium. Pemain diharapkan untuk menjadi liar, dan permainan menghadiahi Anda karena menjadi gila.
Kepribadian Donkey Kong yang Unik
Dibandingkan dengan penggambaran Donkey Kong dalam film The Super Mario Bros. Movie 2023, di mana ia adalah pemuda yang pemarah dengan masalah ayah, DK di Donkey Kong Bananza adalah lambang orang yang ceroboh. Dia memiliki pikiran yang lurus yang kadang-kadang dapat diarahkan ke arah yang lebih produktif tergantung pada keinginan orang-orang terdekatnya. Fokus utama Donkey Kong dari menit ke menit adalah mencari tahu dari mana pisang berikutnya berasal. Dia tidak sepenuhnya tanpa empati—terutama kepada Odd Rock (bentuk batu ungu yang diambil Pauline di awal permainan) dan, kemudian, Pauline—tetapi DK adalah binatang yang sangat ekspresif dan sangat konyol yang kebetulan sangat kuat sehingga dia dapat meninju sisi gunung tanpa berkeringat.
Kepribadian Donkey Kong menginformasikan gameplay sedemikian rupa sehingga lebih sering daripada tidak, Anda merasa bahwa taktik brutal Anda entah bagaimana mendorong Anda maju di jalan yang benar. Seperti yang disoroti Nintendo dalam Direct Donkey Kong Bananza baru-baru ini, memukul musuh pada sudut yang tepat dapat membuat mereka terbang ke dinding dan mengungkapkan beberapa rahasia, seperti “permata Banandium” yang pada dasarnya bertindak sebagai Power Moons dari Odyssey. Ini dapat Anda gunakan untuk membuka lebih banyak kesehatan untuk DK atau lebih banyak gerakan, seperti lompatan ganda saat memegang batu. Ada banyak sekali DNA yang dibagikan antara kedua game tersebut, tetapi di mana Mario akan bergerak dari level ke level dengan cara yang ceroboh namun heroik, Donkey Kong terbang dengan celana panjang—suspender dan semuanya.
Gameplay yang Mendalam dan Penuh Variasi
Tim yang menciptakan Super Mario Odyssey merancang setiap level sehingga lompatan dasar pun akan cukup untuk berkeliling. Pada saat yang sama, set gerakan bisa menjadi sangat kompleks sehingga pemain terampil dapat melewati seluruh bagian level dengan lemparan Cappy yang presisi dan penyelaman yang ditempatkan dengan ahli. Donkey Kong Bananza memiliki tingkat kedalaman yang serupa. DK dapat mengambil bagian dari medan dan menggunakannya untuk meluncur di sepanjang lantai dengan kecepatan tinggi (jenis medan yang berbeda mungkin memiliki efek yang berbeda jika Anda meluncur di atas air atau lantai yang berapi-api). Bersamaan dengan manuver gulungan cepat, Anda dapat memanjat seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild, meskipun tanpa pengukur stamina yang menghalangi untuk mencegah Anda melintasi ke mana pun Anda inginkan.

Pemain kedua dapat mengontrol Pauline dan menggunakan suaranya untuk menghancurkan medan. Ini adalah satu-satunya bagian dari game yang juga menggunakan kontrol mouse. © Kyle Barr / Gizmodo
Bananza Powers dan Kolaborasi dengan Pauline
Apa yang akan menjadi sangat menarik adalah bagaimana semua gerakan berbeda digabungkan dengan “kekuatan Bananza” yang diberikan oleh berbagai hewan “Elder” yang berpusat pada setiap level. Ini memungkinkan DK berubah menjadi kera yang lebih besar dan lebih ganas, tetapi juga memungkinkannya berubah menjadi zebra dan burung unta. Nintendo mengisyaratkan mungkin ada lebih banyak kekuatan Bananza yang belum kita lihat, tetapi saya sudah menemukan cara untuk menggunakan lompatan “chunk” ganda dengan penerbangan burung unta untuk melewati teka-teki lompat yang rumit.
Sementara DK adalah otot permainan, Pauline (ya, orang yang sama dari game Donkey Kong asli yang kembali untuk Odyssey sebagai walikota New Donk City) adalah wajah manusia untuk semua tingkah konyol kera besar itu. Nyanyiannya-lah yang memberi DK kekuatan untuk berubah, tetapi bakat musiknya-lah yang memungkinkan DK memasuki berbagai peta tantangan dan mengakses rahasia lainnya. Pauline juga merupakan karakter yang dapat diambil alih oleh pemain kedua, mirip dengan bagaimana pengontrol kedua dapat mengontrol Cappy di Odyssey. Alih-alih terbang di sekitar topi otonom, pemain menggunakan vokal mengesankan wanita muda itu untuk meledakkan lubang di dunia dengan kekuatan luar biasa. Dia dapat meludahkan bar seperti senapan mesin, cukup sehingga dia kemungkinan akan membuat beberapa bos terlalu mudah.
Fitur Switch 2 dan Masa Depan Nintendo
Pauline juga merupakan satu-satunya contoh di mana pemain dapat menggunakan kontrol mouse Switch 2 untuk membidik. DK, bahkan saat membidik batu, hanya akan berfungsi dengan joystick dan kontrol gerakan berbasis gyro. Donkey Kong Bananza tidak memanfaatkan banyak fitur khusus Switch 2, selain dari semua daya ekstra di bawah kap yang digunakan untuk menangani deformasi medan. Bananza adalah ekspresi dari apa yang dilakukan Nintendo dengan sebaik-baiknya: membuat game yang benar-benar menyenangkan. Ada rilis besar Nintendo lainnya yang dijadwalkan untuk tahun 2025, termasuk Metroid Prime 4: Beyond, yang akan menawarkan pembidikan dengan kontrol mouse. Tetapi Nintendo tahu apa yang mendefinisikan platform bukan hanya kontrol atau gimik, tetapi game wajib mainkan yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.
Leave a Reply